Tanggung Jawab

Tanggung jawab bukanlah sikap bawaan sejak lahir. Tanggung jawab dibentuk dari waktu ke waktu melalui proses yang disengaja. Sikap tanggung jawab dapat terbentuk melalui proses yang ditekuni setiap waktu. Tidak mungkin seseorang memiliki sikap tanggung jawab jika tanpa usaha menanamkan sikap tersebut dalam kehidupannya sehari – hari.

Bertanggung jawab sebenarnya juga melibarkan proses memahami perasaan orang lain. Bertanggungjawab harus diajarkan sejak dini, karna jika tidak maka akan menjadi bibit kejahatan ketika anak berusia dewasa. Banyak tindak kejahatan terjadi karna pelaku tidak bias bertanggungjawab seperti tindakan korupsi, kolusi dan Nepotisme ( KKN )

Orang yang bertanggungjawab mampu berbuat baik walaupun tidak ada yang melihat, karna mereka neniliki pemahaman dan komitmen tentang kebenaran, memiliki keberanian, serta pengendalian dan motvasi diri untuk berbuat baik, bahkan ketika ada godaan untuk berbuat tidak baik. Tidak peduli siapapun orang itu, apapun rasnya, bagaimana ekonominya, maupun agamanya. Seseorang mesti mengasigi orang lain untuk bekal supaya dia bertanggungjawab. Hal tersebut juga menunjukkan bahawa sikap tanggungjawab memiliki kaitan yang erat dengan nilai – nilai kasih sayang.

Iklan

Tulis Komentar Anda. Pakai Facebook atau Twitter disarankan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s