Kalian pernah punya keinginan untuk tinggal diluar negeri?. Itu mungkin adalah impian setiap orang, karena mungkin ada sesuatu yang tidak tersedia dinegara asalnya, yang bisa didapatkan dengan mudah dinegara lain. Atau memang ada keinginan tersendiri untuk mencari petualangan baru dan hidup baru.

Contohnya, ketika seorang remaja pecinta korea ditanya “kamu mau tinggal dinegara mana suatu hari nanti?” 90% mengatakan pasti pengen tinggal di negara Korea, tempat semua idola-idola yang disukainya berada.

Seseorang yang mempunyai minat pada sepakbola di Inggris, Spanyol, Jerman—pengennya tinggal dinegara itu, agar bisa menyaksikan klub sepakbolanya bertanding.

Siapa yang tidak mau melanjutkan sekolah di luar negeri? Sebut saja Oxford University di Inggris, Harvard University di Amerika—tempat dimana Mark Zuckerberg mengeyam pendidikan kuliahnya, dan banyak lagi kampus bergengsi di dunia ini. Kalau kalian bersekolah diluar negeri, pastinya otomatis kalian menjadi warga negara itu juga kan?.

Secara tidak langsung, kamu sudah mewujudkan keinginanmu.

Nah, jika kalian tanya sama gue, gue bakalan pilih satu negara favorit gue, tempat gue nanti akan menghabiskan hidup, dan menjalankan segala aktifitas gue. Negara itu adalah Denmark!

Mengapa harus Denmark?

chriseriksen8_2014-12-27_11-25-20
                                lihat betapa gantengnya dia :3

Denmark adalah Negara kelahiran Christian Eriksen.

Kalian mungkin tidak mengenal si doi. Dia adalah pesepakbola favorit gue yang kini bermain sebagai gelandang serang di Tottenham Hotspur, klub kebanggaan kota London Utara, dan klub favorit gue selain FC Barcelona.
Christian Eriksen lahir di Middelfart, salah satu kota yang cukup menawan di Region Syddanmark di Denmark.

denmark_2667866b

Denmark, sebagai negara paling menyenangkan didunia.

Negara ini dinyatakan sebagai ‘tempat paling menyenangkan di dunia” karena kemajuan dibidang pelayanan kesehatan, kesejahteraan masyarakatnya, dan standar pendidikan yang tinggi. Mengapa tidak? Denmark adalah pengekpor makanan terbesar urutan kelima didunia, yang berarti seluruh warganya tercukupi kebutuhan gizinya dan pastinya sehat. Kesejahteraan warganya pun amat terjamin, khususnya bagi warganya yang berprofesi sebagai petani. Petani di Negara Denmark menghasilkan makanan yang cukup untuk memasok 15 juta orang setiap tahun, tiga kali jumlah keseluruhan jumlah penduduk Denmark saat ini.

Untuk daya beli masyarakatnya, Denmark menduduki peringkat ke-8 di Uni Eropa. Yang menunjukkan kesejahteraan warganya tetap terjamin disana.

unnamed(17)

unnamed(7)

Dan untuk anak-anak berusia 8-12 tahun, Denmark juga adalah negara yang menyenangkan. Tahukah kalian? Bangunan mainan Lego yang terkenal didunia ternyata berasal dari Denmark. Cukup menyenangkan untuk semua orang dari berbagai kalangan umur yang tinggal di Denmark.

5998_negara_bebas_korupsi_777x325

Denmark adalah negara paling tidak korup kedua di dunia.

Kalian mungkin udah bosan mendengar berita penangkapan tersangka korupsi—banyaknya kasus korupsi di Indonesia yang membuat negara kita tercinta ini menduduki daftar lima besar negara terkorup di dunia. Juga masih banyak kasus-kasus korupsi yang sebenarnya sudah sangat lama, dan belum terpecahkan hingga saat ini—sementara para pelakunya bebas berkeliaran tanpa ditangkap.

Beda halnya dengan Denmark, yang adalah negara terbersih didunia kedua, setelah Selandia Baru. Menemukan kasus korupsi di Denmark, termasuk salah satu ‘pekerjaan tersulit disana’.

Mengapa para pejabatnya tidak mau melakukan korupsi?

Kesejahteraan mereka sudah sangat terjamin. Dan gaji besar yang diberikan oleh pemerintah mereka diimbangi dengan kinerja mereka dalam tugasnya masing-masing. Apa lagi alasan mereka untuk korupsi?

fietser-1024x685
Gue tidak sendirian sebagai pengendara sepeda di Denmark.

Gue udah terbiasa pergi kemanapun dengan mengendarai sepeda. Gue adalah satu-satunya pengendara sepeda di SMA Negeri 14 Medan, tempat gue bersekolah saat ini. Gue agak tersanjung dan sedikit terkejut ketika membaca berita mancanegara bahwa 50% dari warga Kopenhagen (Ibukota Denmark) pergi bekerja dan beraktifitas dengan mengendarai sepeda. Wah, sepertinya gue bakalan punya banyak temen disana. Dan mengendarai sepeda tanpa rasa canggung lagi,seperti yang gue alami di Indonesia.

Denmark jago juga di game sepakbola PES 2013.

Yang ini cukup melenceng dari topik, dan menjurus ke arah game. Hahaha, memang cowok itu identik dengan game. Sebenarnya semua human player itu jago bermain PES2013, namun faktor klub/negara yang dipakainya cukup berpengaruh juga dalam performa permainannya. Kalau player hebat biasanya sering memakai klub Real Madrid, Bayern Munich, Manchester United, dll. Kalau memakai Negara, biasanya Negara yang laris itu Spanyol, Jerman, Inggris, Argentina, Portugal, dll.

Kalo gue beda lagi.

Ketika bermain memakai klub, gue paling sering memakai kedua klub ini secara bergantian. FC Barcelona dan Tottenham Hotspur. Kalau bermain memakai negara, jangan tanya lagi deh :v. Meskipun hanya C.Eriksen yang jago di Skuat Denmark, tapi gue bisa menyusun formasinya sekedar untuk menyeimbangkan kekuatan tim.

Hasilnya? Gue pernah membantai temen gue yang namanya disensor dengan skor 4-2, ketika dia memakai Negara Portugal—yang terkenal dengan C.Ronaldo-nya. Lantas gue tidak nyaris ciut. Dengan bermodalkan formasi 4-1-4-1 dan Nicklas Bendtner sebagai Striker tunggal, dan Christian Eriksen ada dibelakangnya dalam pola 4 gelandang, gue memang dihajar dengan skor 0-2 dibabak pertama. Namun gue langsung bereaksi dibabak kedua, dan alhasil gue berbalik membantai dia dengan 4 gol langsung, dua diantaranya dicetak oleh pemain favorit gue, Eriksen.

formasi pes - zakipedia

Yang pengen nyobain silahkan aja. Pakai negara Denmark, dengan formasi 4-1-4-1 dengan style Counter Attack, dan rasakan sensasi bedanya. OK?


unnamed(5)

Destinasi liburan di Denmark

Ini bagian favorit gue. Destinasi liburan paling terkenal di Denmark tak lain tak bukan adalah Kopenhagen City, ibukota negara Denmark. Di Kopenhagen, kalian bisa menghabiskan sebagian besar waktu liburan untuk menjelajahi berbagai atraksi, museum sejarah dan tempat wisata terkenal. Dan untuk mencapai objek wisata di Kopenhagen, dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum. Karena kebanyakan objek wisata di Kopenhagen terletak tidak jauh dari pusat kota.

Frederiksborg-Palace

Dijamin deh dompet tetap tebel, karena kalian tidak perlu menyewa mobil atau membeli tiket kereta api hanya untuk mengantarkan kalian kelokasi wisata yang sebenarnya dekat. Hahaha, simple banget yah liburan disini.

unnamed(6)

Selain Kopenhagen City, ada sebuah objek wisata terkenal lainnya di Denmark. Yakni LEGOLAND Park di Billund. Kalau pengen ngajak anak tetangga pergi liburan, bawa kesini ajah. Legoland adalah salah satu tempat wisata terbaik di Denmark. Legoland Billund dibagi menjadi daerah Mini Khusus : Duplo Land, Imagination Zone, Legoredo Town, Adventure Land, Lego City, Tanah Polar, dan Gift Shop dimana kalian dapat selalu membeli souvenir keren dan batangan set Lego.

unnamed(8)


Tapi tinggal di negara Denmark tidak sebahagia yang kita kira. Negara Denmark juga termasuk negara yang termahal dalam urusan biaya hidup. Jika pertama kali datang ke Denmark, beberapa orang Indonesia yang sudah terlebih dahulu tinggal di Denmark mengatakan

“Jangan mengonversi harga barang disini ke rupiah. Pasti semua harga menjadi tidak masuk akal…”

Kalau kita biasanya membeli barang di Indonesia dengan harga normal, di Denmark harganya bisa melonjak naik hingga 10 kali lipat! Misalnya Tempe yang di Indonesia hanya Rp.2000, di Denmark dijual dengan harga 16 Kr atau setara dengan Rp. 32.000. Memang tempenya dari Belanda, yang menyebabkan harganya bisa mahal gitu.

Tapi jika disiasati dengan baik, jalur penghematan pasti selalu tersedia. Disetiap akhir pekan (jumat), setiap rumah dan apartment di Denmark akan dikirimi berbagai majalah komersil dari toko,mini market,dll. Tak jarang banyak Toko yang memberlakukan program TILBUD, yang memangkas harga kebutuhan rumahtangga menjadi lebih murah.

unnamed(10)

Warga Denmark memang kreatif dan selalu berusaha untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bisa digunakan. Disetiap pojok jalan selalu berdiri toko genbrug, atau toko yang menjual barang-barang bekas, seperti pakaian,furniture rumah tangga, dan barang-barang lainnya.

unnamed(9)

Harga barang-barang yang dijual di genbrug termasuk murah. Misalkan jaket tebal yang masih layak pakai dihargai 50Kr, Sweater 10Kr, dan Sepatu Boots 60Kr. Bahkan jika kalian menemukan lemari,karpet, atau barang apapun, silahkan dibawa pulang. Itu bukan tindakan pencurian, malahan barang tersebut sengaja ditinggal si pemilik untuk diambil oleh siapapun yang membutuhkan. Bahkan ada grup masyarakat lokal Denmark di Facebook yang mempromosikan hal ini.
Misalnya: “Meja tulis ada di tepi Jl.xxx” atau “Dua pasang daster berukuran L bisa diambil di Jl.xxx”

images

Ini yang beneran gue suka dari warge Denmark.Tingkat kepedulian sosialnya terhadap orang yang membutuhkan patut diacungi jempol. Jika sebagian orang lain lebih mengutamakan nilai uang,(saling berlomba-lomba untuk membuat website jual-beli barang baru/bekas di internet, misalnya: ol*,to****gus.com,bukala***,bernia**) orang Denmark malah memberinya secara cuma-cuma bagi orang yang membutuhkan.

unnamed(11)

Gue percaya, jika kehidupan masyarakat ditempat gue tinggal mempengaruhi kepribadian gue. Dan itu semua terjadi bagi semua masyarakat Denmark.


Gue bisa saja menuliskan semua kelebihan dan kesenangan ketika tinggal di Denmark. Tapi bisakah gue membuatnya menjadi nyata, sementara yang gue lakukan hanyalah tindakan yang itu-itu saja?
Apakah gue bisa menggapai itu semua? Satu-satunya tindakan yang realistis yang bisa gue lakukan—disaat status gue saat ini hanyalah seorang pelajar, ialah Belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Gue memang berkesempatan melanjutkan kuliah keluar negeri,tapi tidak di Denmark. Bou (adiknya bapak) gue sekarang ada yang tinggal di Finland bersama suaminya sekitar dua tahun yang lalu. Jadi gue kemungkinan bisa kuliah di Finland, tetapi butuh banyak rintangan dan cobaan. Kalau gue memang serius, gue harus mulai mencari beasiswa ke University Finland, menguasai bahasa Inggris dengan fasih, dan mempersiapkan segalanya.

Gue yakin kesempatan masih ada, jika gue berusaha. Gue bisa mewujudkan impian gue untuk bersekolah diluar negeri. Dan untuk sekarang ini, Finland adalah target paling realistis yang bisa gue capai, tentunya dengan perjuangan keras dan study hard. Gue yakin, suatu hari gue bisa menginjakkan kaki di tanah Denmark, sesuai impian gue.

Apa salahnya bermimpi? Live a life you will remember—Avicii “The Nights”

Kalian nanti pengen tinggal dinegara mana? Tulis dong dikolom komentar 🙂

9 pemikiran pada “Denmark Negara Impian Gue

  1. Wah, kayaknya seru kalau kita tinggal di Denmark. Lego Land, mau ikut….^^

    Kalau ditanya “Kalian nanti pengen tinggal dinegara mana?”
    Baiklah saya akan jawab

    Saya mau tinggal di negara Jepang, kenapa? karena saya suka dengan anime dan manga, pelopor manga dan anime itu dari Jepang. Ada kafe bertemakan anime, biasa diadakan even anime, cosplay di mana-mana, bisa nonton anime sepuasnya di tv, anime ini, anime itu. Wah pasti seru.
    Saya rasa untuk yang pecinta anime kalau ditanya negara mana pasti jawabnya “Jepang”

    Suka

    1. Negara Jepang memang negara maju di Asia. Dan Jepang juga terkenal karena Anime mereka, dan *** If you know what i mean :v

      Tiap hari nonton anime di TV, liat acara cosplay berbau Anime setiap hari, pokoknya tiap hari hanya ada anime :v. Engga bosan yah bro?
      Semoga impian anda terwujud ya nanti suatu saat 😀

      Suka

  2. Wahhh, semoga impianmu terwujud ya. Btw, jika kamu tinggal di suatu negara (kamu datang sebagai warga negara asing), kamu nggak akan segera otomatis jadi warga negara itu lho, sampai beberapa waktu yang ditentukan oleh pihak pemerintahan negara yang bersangkutan.

    Kalau ditanya, suatu hari nanti aku mau tinggal di negara mana, apa boleh aku pilih 2 negara? Aku suka Jepang, dan impianku tinggal di wilayah Kobe, karena ada masjid tertua di sana yang berhasil menyelamatkan banyak nyawa di Perang Dunia II. Aku ingin bisa sering mengunjunginya dan mengagumi masjid itu. Kemudian negara pilihan keduaku, Turki. Negara yang menempati dua benua, Asia dan Eropa, dan dipisahkan oleh Selat Bosporus yang cantik.

    Suka

    1. Semoga impianmu terwujud juga yah. Proses naturalisasi memang membutuhkan waktu 5 tahun berturut turut, atau 10 tahun tidak berturut-turut.

      Kalo diitung-itung, lama juga yah hehe.

      Suka

  3. gue pengen tinggal di Swiss sih soalnya deket saa coklat eh itu mah Belgia yah ya itulah pokoknya..

    enak banget kayaknya kalau sepedaan di negara sebesar denmark yah, di luar negri emang menawarkan keindahan yang nggak ada di indonesia tapi gue maih pengen tinggal disini,.. 9soalnya belum punya duit juga) haha

    Suka

    1. Eh btw, Swiss juga negara teraman didunia loh. Kan semua kantor organisasi dunia seperti PBB, FIFA, dll beroperasi di Zurich, ibukota Swiss.

      Tunggu punya banyak duit dan punya keahlian supaya bisa bertahan hidup dinegara yang memiliki biaya hidup yang tinggi.

      Suka

  4. Kalo ngomongin pengen tinggal di mana, gue bakal milih di Indonesia. Entah knpa, masih bnyk tempat yg belum gue tau dari Indonesia. Mungkin, jika semua wilayah Indonesia sudah gue jajah. Gue pengen ke Negara adidaya

    Keknya gue bakalan tau nikmatnya memiliki teknologi keren2.

    Saran dikit, nulisnya pelan2 aja, bro. Biar gk typo.

    Suka

Tulis Komentar Anda. Pakai Facebook atau Twitter disarankan.

