12694640_1105835349447371_4719809087129424238_o.png

source : Official facebook page

Sebelum gue memulai untuk mereview film ini, perlu gue luruskan satu hal, supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman ketika membaca tulisan ini hingga akhir. Yaitu, gue bukan orang ketiga! Gue bukan perusak hubungan orang! Gue tidak tahu kenapa disaat gue menulis postingan ini, disaat yang bersamaan Captain Amerika dan Iron Man tiba-tiba memutuskan hubungan mereka di Facebook. Tapi ini bukan salah gue. Ingat sekali lagi, gue bukan perusak hubungan orang.

Tidak penting, bukan? Oke, mari kita mulai.

-~-

h20wkj2-iron-man-vs-captain-america-who-sides-with-who-in-marvel-s-civil-war-jpeg-151871.jpg

source : iMDb

Review Film Captain America : CIVIL WAR 
(terjemahan : Perang Saudara)

Bagi teman-teman semua yang udah pernah baca postingan sebelumnya yang berjudul Review Film Batman vs Superman, diakhir postingan itu gue menjadikan film CIVIL WAR ini sebagai postingan review gue selanjutnya. Karena belakangan ini film-film superhero menyajikan peluang yang cukup menjanjikan untuk diulas.

Apalagi gue sempat mengkritik tentang ide industri film superhero terkenal seperti DC Comics, dan MARVEL yang sudah kehabisan ide untuk membuat sosok superhero baru. Setelah mereka berhasil membuat Superman dan Batman berseteru dalam filmnya, kini mereka membuat semua superhero, seperti Captain America, Iron Man, dan semua superhero yang tergabung dalam Avengers yang tidak bisa gue sebutkan satu persatu.

Mendapatkan rating 8/10 dari iMDb, 90% dari Rotten Tomatoes, 75% dari Metacritic, membuat film ini sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan menurut gue, film ini tentu lebih baik, jauh lebih baik dari film sebelumnya yang gue review, Batman vs Superman, yang hanya mendapatkan rating 7/10 dari iMDb, 27% dari Rotten Tomatoes, bahkan 44% dari Metacritic.

Baiklah, mari kita mulai saja reviewnya.

-~-

10270293_1128732820490957_246604871200922075_n.png

source : iMDb

REVIEW Captain America : CIVIL WAR

Nyesel banget gue. Kenapa? Gue saranin kalau nonton film ini, sebelumnya kalian harus nonton film sebelumnya, yakni The Avengers  Age Of Ultron. Karena gue engga nonton film itu, makanya gue sempat memutuskan untuk tidak mereview film ini, karena memang selama gue menonton Civil War ini, gue selalu bertanya-tanya kepada teman gue disebelah, seperti

“Ih, mereka kok jadi gini yah? Di film sebelumnya ada apa emangnya?”

“Dia siapa sih? Superhero baru ya?” *nunjukVision

Itu yang membuat gue kurang mengerti dengan alur ceritanya. Tapi itu bukan masalah, karena kali ini gue bukan mereview Age Of Ultron, tetapi Civil War.

Kita mulai dari detail filmnya.

Genre : Action, Sci-Fi, Thriller
Sutradara : Anthony Russo, Joe Russo
Penulis :  Christopher Markus , Stephen McFeely
Tanggal Rilis :  6 May 2016
Rumah Produksi :   Marvel Entertainment, Marvel Studios
MPAA : PG-13
Durasi : 2 Jam 27 Menit

Liat dulu trailernya sebelum kita mulai ulas filmnya.

Jadi ceritanya gini.

Film “Captain America: Civil War” seperti yang gue bilang tadi, akan melanjutkan ending dari Avengers: Age of Ultron, saat Steve Rogers (Captain America) mengambil alih memimpin tim baru Avengers, dia berusaha untuk terus menjaga perdamaian umat manusia bersama tim Avengers.

Selang beberapa waktu setelah insiden internasional yang melibatkan tim Avengers dan menyebabkan banyak sekali kehancuran, banyak sekali tekanan politik yang menuntut para superhero memasang sistem pertanggung jawaban dan badan yang menentukan kapan saatnya tim dibutuhkan.

Dengan status tersebut mungkin akan mempersulit Avengers yang tengah berusaha untuk melindungi dunia, dan menciptakan dunia menjadi damai.

Di sisi lain Tony Stark (Iron Man) ceritanya malah melawan keputusan yang diambil oleh Steve Rogers atau Captain America (Chris Evans). Perlawanan tersebut di sebabkan kerena adanya perseteruan dan Undang-Undang yang di berikan kepada Superhero untuk orang yang mempunyai kemampuan super supaya mengungkapkan identitas mereka kepada pemerintah AS.

13094105_1168805043130519_4726885720585442220_n

source : iMDb

Dari situlah kenapa mereka berdua berselisish, karena Stark mendukung program dari pemerintah ini, sedangkan Rogers tidak menyetujui itu karena mengancam kebebasan pahlawan super hero tersebut.

Gue tau tidak ada pihak yang salah di dalam film ini. Captain America berusaha untuk mencegah pemerintah yang berusaha untuk membatasi wewenang The Avengers untuk melindungi dunia. Dia tidak mau gitu, timnya terkekang untuk menyelamatkan dunia, hanya karena perjanjian yang tertulis setebal buku kitab.

Pihak pemerintah pun sebenarnya mempunyai tujuan yang baik, yakni mencegah jatuhnya kembali korban manusia akibat aksi penyelamatan yang dilakukan Avengers. Meskipun mereka berusaha melawan musuh untuk melindungi manusia, tetap saja ada korban yang tewas.

Sementara itu dipihak lain, Tony Stark memilih untuk setuju dengan Pihak Pemerintah, yakni membatasi kewenangan The Avengers untuk melakukan aksi penyelamatan. Dia berpikir, perang bisa berakhir karena persetujuan ini.

CiDu_xYUkAAZifs

picture source : Official Twitter

Tony Stark berusaha berulang kali untuk berdialog dengan Steve Rogers untuk bergabung dengan pihak pemerintah, tetapi Steve Rodgers tetap memilih untuk teguh dalam pendiriannya. Akhirnya, setelah tidak menemukan titik terang, mereka berdua mencari sekutu dan akhirnya pun melakukan perang saudara.

12694785_1103990846298488_6094467487621106539_o

picture source : Official Civil War Twitter

Tim Captain America yang ditemani oleh superhero Hawkeye (Jeremy Renner), Agent 13 (Emily Van Camp), Falcon (Anthony Mackie) dan Winter Soldier (Sebastian Stan).  Ant-Man (Paul Rudd).

Sementara di Tim Iron Man ini beranggotakan War Machine (Don Cheadle), Black Widow (Scarlett Johansson), Black Panther (Chadwick Boseman) dan Vision (Paul Bettany).

Kalau secara keseluruhan, filmnya memang keren abis. Jauh lebih baik malah daripada film Batman vs Superman yang pernah aku review. Kalau belum baca kamu bisa liat disini.

Film ini begitu baik ditangani oleh Russo bersaudara. Sebuah film yang lebih baik dari Batman V Superman, dan termasuk film terbaik yang pernah dirilis oleh Marvel Studio. Spiderman, kemunculannya yang luar biasa, dan diperankan dengan sangat baik oleh Tom Holland. Apalagi  Black Panther melakukan debut untuk karakter besar dari franchise Marvel. Semua superhero didalam film ini melakukan aksi terbaik mereka. Tidak berlebihan jika iMDb memberi rating film 8.7 kepada film ini. Applause!

-~-

Karena gue telat banget untuk mereview film ini, ga ada salahnya kalau gue memberikan beberapa spoiler tentang film ini.

Sama seperti alur cerita pada film Batman v Superman, peran antagonis tetap menjadi dominan didalam film ini. Dialah Zemo, sosok dibelakang bertikainya Iron Man dan Captain America. Sepanjang film diputar, gue memang udah kzl dan zbl banget liat wajah dia. Dia jugalah yang meledakkan gedung dimana ayah dari Black Panther sedang berpidao, hingga menyebabkan kematian beliau.

Bukan sampai disitu saja. Dia malah menyamar hingga nyaris mirip dengan wajah sang Winter Soldier, hingga dia menjadikan Winter Soldier sebagai buronan karena dianggap bertanggung jawab atas insiden ledakan itu. Jahat emang ya?

Tapi diakhir cerita, Zemo akhirnya memberikan klarifikasinya, mengapa dia melakukan itu. Dan gue benci untuk mengatakan ini, karena dia memang memiliki alasan yang baik dibelakang itu semua.

Dia hanya ingin tidak ada lagi korban manusia yang jatuh, karena ada anggota keluarganya yang meninggal saat The Avengers melakukan aksi penyelamatan mereka. Kata-katanya yang gue ingat adalah

“Bagaimana jika aku membuat mereka ( Steve Rodgers dan Tony Stark) saling membunuh, maka tidak ada lagi korban manusia yang akan jatuh”

Setelah gue tau alasan dia, gue jadi semakin bingung. Siapa sih pemeran yang benar-benar baik dalam film ini. Mungkin lo bisa jelaskan nanti di kolom komentar.

-~-

Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Film Captain America ‘CIVIL WAR’

13122827_1164695340228038_827685989217783971_o

 

-Sempurna

Film ini mendekati sempurna, karena sempurna hanya milik Andra & Backbone. Konflik yang sangat berkelas, pertarungan yang menegangkan, tak lupa diselingi beberapa candaan yang berkualitas, namun hanya beberapa orang yang bisa dengan cepat menanggapinya. Karena candaannya memang dikemas dengan inteligensi dan pemahaman. Waktu kamu selama 2 jam 27 menit tidak akan sia-sia untuk menonton film ini.


CjRPjbzWEAAvSOZ (1)

picture source : Official Twitter

-Menyajikan kualitas audio yang terbaik

Rasakan setiap detik scene dalam film ini dengan high quality sound, karena didukung oleh Dolby Atmos, 12-Track Digital Sound (IMAX 12 track), Dolby Digital yang siap untuk memanjakan telinga para pecinta The Avengers diseluruh dunia. Setiap aksi, suara tembakan peluru, bahkan suara bisikan antar pemain yang terdengar jelas, tentu menambah keseruan dalam menonton film ini.

 


spider-man-3

picture source : Book My Show

-Peran debut Spiderman

Dari SMP gue mulai menonton serial Spiderman. Mulai dari Spiderman 1, 2 , 3. Lalu mulai digantikan oleh Andrew Garfield dalam film The Amazing Spiderman 1 yang sudah gue tonton, tapi hanya bagian kedua nya aja yang belum gue tonton. Tapi Spiderman yang diperankan oleh Tom Holland kali ini adalah spiderman terbaik yang pernah gue tonton.

Peter Parker terlalu banyak bicara dalam film ini, dan itu membuat kesal para personil The Avengers, bahkan rekan #TeamIron nya sendiri. Tapi menurut gue, itulah yang menjadi ciri khas Peter Parker dalam film ini. Eh, udah liat kostum baru Spiderman yang dibuat langsung oleh Tony Stark? Kalo udah nonton, ya pasti udah tau dongs.


13124665_1169733899704300_6152381529098629803_n.png

-Sangat tidak pantas untuk dilewatkan, untuk kamu penggemar The Avengers

Kamu salah satu fans The Avengers yang udah nonton serial Captain America, The Avengers, trus udah nonton lagi Age Of Ultron? Tidak lengkap rasanya bila kamu tidak menonton film ini, karena ini akan melengkapi koleksi film yang pernah kamu tonton. Jadi udah nonton, belum?


 

-Bisa buat kamu eksis di sosial media

Bisa check-in di Path, bisa update review singkat di sosial media dan beritahu sedikit opinimu tentang film ini, biasanya dilakukan oleh orang yang udah kelar. Bagi para penulis blog, kamu juga bisa melakukan hal yang saat ini gue lakukan. Yakni menulis review tentang film ini. Siapa tahu kamu bisa jadi reviewer handal dimasa depan?

-~-

 

Cj_cBwDUUAEVFNR

Bagaimana guys, udah ada niat untuk nonton filmnya? Memang sih udah lewat banget, tapi kamu tetap bisa pesan DVD Bluray nya lewat situs resmi Civil War, agar kamu bisa nonton filmnya berulang-ulang.

Udah nonton ya? Jangan bilang kalau kamu nontonnya lewat bajakan. Ga seru ah!

Jangan lupa komentarnya yah 🙂

NEXT REVIEW : Descendants Of The Sun (2016)

Thanks for reading.

 

Alden Peter

 

20 pemikiran pada “Review Film Captain America ‘CIVIL WAR’

  1. Waduuuh, review nya sih kayaknya oke banget ini film ya. Eh bukan kayaknya lagi deh, tapi emang oke kalau rating nya sudah sebegitu bagusnya mah ya. Sayangnya, belum diberi kesempatan untuk nonton film ini pas tayang di bioskop kemarin hiks 😦

    Suka

    1. Betul sekali. Rating 8.7 udah keren banget untuk sebuah film. Kalaupun belum bisa nonton, kan masih bisa juga pesan DVD Bluray nya, biar bisa nonton berulang-ulang. Tapi nonton bajakannya pun, gapapa deh~

      Suka

  2. Mungkin diantara semua film yang tayang saat itu gue lebih memilih nonton Civil War, kan tayang civil war sama AADC2 hampir sama tapi karena gue gak nonton film AADC1 dan sudah nonton Avenger sebelumnya jadi gue putusin buat nonton nih film.

    kalo soal rating sih jelas juara, film yang paling ditunggu2 warga dunia khususnya pencnta komik marvel. awalnya sih gue gak mudeng sama jalan ceritanya tapi karena visual effect, audionya yang keren ngebuat suasana bioskop jadi makin seru apalagi pas perang di bandara itu keren banget.

    jadi film ini nanti kelanjutnya di avenger selanjutnya yaa, bukan spiderman yang muncul diakhir film yaa. patut ditungguh nih kelanjutan cerita para pejuang avenger.

    eehh next review film Descendants Of The Sun, film korea yang tentara sama dokter itu yaa. ditunggu deh meski gue udah nonton filmnya 😀 hehehe

    Suka

    1. Haha bisa aku tebak ada konflik batin ya kemarin, memilih untuk menonton Civil War atau AADC2. Pilihan yang lo buat memang tepat. Lo lebih memilih nonton Civil War karena lo pasti udah nonton Age Of Ultron kan. Sip banget lah, berartti udah paham jalan ceritanya gimana.

      Sementara gue cuma pengen ikut temen aja, dan lagipula udah janji bakalan review film ini setelah Batman V Superman. Dan akibatnya, aku pun seringkali gagal paham sama beberapa scene di film ini. Yaudah deh kan.

      Yepp, aku bakalan ngreview Descendants Of The Sun, karena itu filmnya lagi booming banget. Demi mendongkrak popularitas blog, kadang kita harus mengikuti perkembangan trend. Makasih udah komen, bro.

      Suka

  3. Wah sepertinya aku orang paling ketinggalan sak dunia hahahaha, aku kudet umtuk filem filem ginian, batman vs superman kek, age of ulteon aku gak nonton huahahaha tapi untuk mendongkrak popularitas blog, kayaknya mulai sekarang aku juga harus merencanakan untuk mengikuti trend juga, descendants of the sun, bener banget itu, lagi boming dan hapening banget. Blogku juga harus gaul uhhhh

    Suka

    1. Heheh biasa itu mah kalau cewek gak terlalu suka dengan film action. Tapi kalau jadi blogger kan sekali-sekali gapapa gitu tau-tau dikit tentang dunia perfilman, biar bisa direview dan menaikkan popularitas blog

      Suka

  4. Alhamdulillah untungnya gue udah nonton film itu. Seru adegan pas bertarung antara cap dan iron man.

    Lucu juga pas ada ant man. Masuk ke mesin iron ada beberapa kabel yang diputus. Gue si tim cap ya…

    Tapi endingnya kurang seru deh. Masih banyak pertanyaan gue yang belum terungkap. Sengaja bgt dibuat penasaran untuk menunggu tayangan selanjutnya.

    Suka

  5. Sesungguhnya ini terlalu banyak spoiler dan gue belum nonton. Akkkk! 😩

    Etapi gue gak pengaruh sih sama spoiler, sensasi baca spoiler dan nonton langsung itu beda. Haha.

    Entah kenapa di tahun ini tuh para pahlawan malah sering berantem, gue jadi mikir sepertinya marvel kehabisan ide cerita Jadi superheronya dibikin berantem aja biar seru. Haha. Kalo misalkan 2 tahun lagi mereka bikin film pasti udah gak terlalu seru.

    Suka

    1. Hahaha kan gapapa dong, karena udah lama kali rilisnya, dan baru kali ini aku kelar tulisannya, jadi ya untuk apa lagi menyembunyikan cerita aslinya. Sekarang kan gak diputar lagi di bioskop. Hahah, tapi kalau pengen nonton bajakannya, mending gausah baca review ini kali ya. Banyak spoilernya haha

      Suka

  6. Ini nih, yang tayang bareng sama AADC2. Antara pengen milih, tapi tetep aja, Civil War jadi pilihan. Cuman, ketika orang lain suka banget sama hasil karya ini, gue justru ngerasa ada sesuatu yang dibalik semua cerita ini ada unsur dibuat-buat.

    Ya, konfliknya menurut gue sih, terlalu simple. Dan kebanyakan ngerasa gitu. Yang keren sih, cuman actionnya mereka aja. Jadi, seakan konflik yang gue bisa ‘terkesan dibuat-buat’ itu tadi tertutupi oleh actor yang udah punya penggemarnya sendiri. Jadi, ketika mereka digabungkan, wajar sih, filmnya banyak yg nonton. Karena, mereka juga punya jagoan masing-masing.

    Gue tuh, suka sama film Avanger ini karena mereka shooting pake green screen. Jadi, teknik Sinematography-nya itu gue suka banget. Makanya gue milih film ini. 🙂

    Btw, reviewnya lengkap banget. Spoiler, sih. XD

    Suka

  7. Beberapa candaan bisa gue tangkap, karena gue kalo nonton film mancanegara suka baca subtitlenya. Alasan lain karena gue gak paham mereka ngomong apaan :D.

    Seru banget memang selama filmnya berlangsung, tapi pas ending kok kurang greget gitu. Ntah gue sendiri yang berperasaan seperti itu ya. Pas ketauan siapa sebenarnya dalangnya, gue langsung ngomong “Lah, jadi cuma dia musuh sebenarnya -_-!!”

    Setelah nonton film ini gue jadi nunggu film Spiderman dengan baju barunya dan ant man 2.

    Suka

    1. Iya memang kalo nonton film mancanegara yang bersubtitle, harus fokus biar gak kelewatan satupun scene yang ada kaitannya. Kalau terlewat dikit aja, langsung ga ngerti, dan mendadak jadi kepoh

      Suka

  8. Aku tertarik juga sama film ini pit, tertarik dalam arti download gratis, wkakakakakaka :p

    Soalnya pas tayangnya civil war ini barengan ama AADC2, so pasti aku milih kangmas rangga ketimbang abang2 bule, prinsip cintai ploduk ploduk indonesa kayak iklan maspion. Film ini juga g bakal kemana, walaupun dibioskop udah abis masa tayangnya, tapi download selalu ada sumpah aku jadi picik gini

    Jujur aja nih pit, dari sekian banyaknya kata yg kamu tuangkan di postingan ini, yg bikin aku tertarik adalah kalimat terakhir,
    NEXT REVIEW : Descendants Of The Sun (2016)
    Ini aku g salah baca kan? Ini drakor yg baru tamat skitar 2 bulan lalu itu kan? Daebak… Ada juga cowok yg nonton.

    Suka

    1. Cintailaah ploduk ploduk Indonesiaa. Sorry ya kak aku gak tipe begituan haha. Fasilitas soundsystem yang ada di bioskop itu udah keren abis kak, jadi sayang hanya untuk nonton drama-drama gitu. Nonton film action dong, jadi suaranya menggelegar abis. Tapi menurut selera orang masing-masing juga sih kak.

      Iya nih kak, Descendants Of The Sun lagi booming banget kak sekarang ini. Lagipula aku juga agak dikit-dikit suka sama drakor yang satu ini. Jadi pengen ajaa mereviewnya kak. Tungguin aja. Kamsahamnida

      Suka

  9. ini film yang gua tunggu-tunggu haha. sebagai penikmat marvel cinematic universe, film ini kudu bin wajib untuk ditonton! konfliknya emang berlapis-lapis sih jadi emang harus marathon dari awal kalo mau nonton film ini, yaa paling ga biar ga shock dan ngerti sama pembicaraan mereka. lumayan lucu sih filmnya. intinya, seru lah buat ditonton.

    btw, gue abis ngereview finding dory. baca ya diblog gue hehe:)
    http://karungg-beras.blogspot.co.id/2016/06/review-finding-dory-lucu-dan-menawan.html

    Suka

Tulis Komentar Anda. Pakai Facebook atau Twitter disarankan.

