Kalau udah nyaman, memang susah sekali untuk berpaling

-~-

Niat ini tiba-tiba muncul karena sekitar dua bulan yang lalu, gue membeli domain+hosting di situs Domainesia. Pada saat itu memang gue udah niat banget untuk mengubah domain pieyterm.wordpress.com menjadi aldenpeter.me, karena lebih simple dan terkesan profesional.

Tapi kenapa gue pengen migrasi?

Gue sekarang ini sangat nyaman ngeblog bersama WordPress, karena desainnya yang simple dan mudah untuk tata penulisannya sendiri. Menurut gue, WordPress adalah platform blogging terbaik yang ada saat ini. Namun, awal ketertarikan gue kepada dunia blogging, platform yang pertama kali gue pakai yaitu Blogger

Alasan gue meninggalkan Blogger saat itu yakni desain blognya yang harus memakai HTML dan Javascript. Sumpah, itu ribet banget. Walaupun udah cari tutorialnya di internet yang memang lengkap, tapi itu ngabisin waktu dan kuota. Dan akhirnya setelah itu, gue berhenti ngeblog. Gue berhenti karena pada saat itu, gue tidak mengenal WordPress, dan baru mengenalnya saat menginjak bangku SMA.

Langsung ke intinya aja ya sob. Walaupun gue udah nyaman bersama WordPress selama hampir 3 tahun lamanya, tetap aja gue merasa ada yang kurang dari fitur WordPress. Yaitu, WordPress tidak bisa menyediakan fitur Custom Domain secara free, seperti yang dimiliki oleh Blogger. Untuk pemetaan domain sendiri di WordPress, membutuhkan biaya $13 yang tentunya cukup besar.

Alasannya lagi, untuk membeli domain di WordPress tentunya sangat mahal sekali. Untuk pembelian domain .com, harganya bisa mencapai 18$, itupun hanya untuk setahun. Sementara dengan dana sekian, gue bisa beli domain .com untuk dua tahun, tapi tidak dengan blog WordPress. (Bisa untuk blogger, dan situs blogging lainnya yang menetapkan fitur custom domain secara free)

Jadilah selama 3 tahun ini gue harus betah memakai subdomain .wordpress sebagai situs blog gue. Dan sekarang gue lagi galau, antara mau ninggalin WordPress, dan kembali lagi balikan dengan Blogger. Situsnya sih udah ada, kalian bisa check di aldenpeter.me

Beginilah kira kira penampakan situs gue yang baru, dan rencananya akan migrasi ke sana.

aa

Gimana guys? Bagaimana menurut kalian tentang niat gue ini?

Andaikan gue jadi memutuskan untuk migrasi ke Blogger, mungkin pertanyaan-pertanyaan dari masalah ini akan segera menghampiri

Kalo jadi pindah ke Blogger, trus blog wordpress yang ini, mau dikemanakan?

Ngedit themenya kan harus ngerti Javascript dan HTML, emang lo ngerti?

Atau gue punya dua blog aja ya? Itu artinya gue harus rajin ngurusin dua blog gue agar selalu up to date. Tapi ngurusin blog yang ini aja udah ribet, gimana punya dua blog?

Alasan kenapa gue harus pindah ke Blogger.

-Biayanya murah

Paket premium di WordPress yang sudah menyertakan free domain untuk SATU TAHUN, harganya mencapai $99, yakni satu juta rupiah lebih. Itu hanya untuk satu tahun. Sementara dengan biaya 1/3 dari itu, gue udah bisa sewa domain .com untuk Blogger dengan durasi 3 TAHUN. Blogger memang biayanya murah. Emang

-Terhubung langsung ke Google+

Gue iri banget ya sama blog temen-teman yang pake Blogger, yakni ada fitur Pengikut. Ya, gue agak iri aja sama salah satu blog temen yang punya 500+ bahkan 1000+ pengikut. Dan setelah gue check juga ke salah satu postingannya, gue cukup terkesiap melihat jumlah komentarnya yang mencapai ratusan. Ya, gue pengen banget blog gue terkenal seperti itu. Dan migrasi ke Blogger mungkin adalah salah satu caranya.

-Free Custom Domain

Ini yang membedakan WordPress dan Blogger. Sementara WordPress memasang tarif $13 untuk site mapping, Blogger menggratiskan fitur tersebut, dan kita bisa menggunakan domain apapun sesukahati untuk blog kesayangan kita. Uang sebesar $13 sih bisa gue usahain, tapi metode pembayarannya hanya melalui kartu debit, sementara gue masih bocah ingusan yang belum tau apa-apa soal Paypal, Internet Banking, dsb.

-Google Adsense

Ini cuma perasaan gue aja, atau emang bener. Hanya blog dari Blogger kan yang bisa daftar Google Adsense? Atau blog wordpress bisa juga sih? Sumpah gue tertarik banget sama Google Adsense ini, yang bisa menjadi sumber penghasilan dari blog gue. Sekalian mengais rezeki, hehe.

Jadi gimana yahh? Gue minta pencerahannya, guys. Thanks before

Iklan

17 pemikiran pada “Migrasi Ke Blogger (lagi), Peter?

  1. Anu, kalo kamu pengin mengais rejeki, mending di wordpress. Soalnya, menurut artikel yg pernah aku baca, WordAds (semacam Adsense) membayar kita itu dari jumlah pengunjung yg membaca artikel kita sampai selesai. Sedangkan Adsense kan sistemnya klik dan belum tentu dari 200 pengunjung yg ngeklik iklannya genap 50. Itu aja sih yg aku tahu, kalo salah ya maap 😆😆😆

    Suka

    1. Gapapa sih kak kalau cuma itu yang kakak tau. WordAds? Baru tau kalau ternyata wordpress ada juga begituan. Tapi aku kurang percaya sih, apa WordAds itu asli buatan WordPress, atau buatan pihak lain sih. Takutnya scam gitu. Liat aja Google Adsense yang memang asli produk dari Google. Maaf yak kalau banyak nanyak wkkw

      Suka

  2. ng.. .aku sih ga paham yha sama sitemapping, java scrip, html dll itu, dan aku pun belum berminat untuk pake iklan2an di blog haha jadi kurang bisa menyarankan untuk pilih blogger atau wordpress. aku sendiri pake wordpress karena nyaman ya kayak yg kamu bilang itu, dan seringkali kurang sreg dan langsung sebel ngeliat blog orang pake platform blogger *no offense wkwk^^v tapi terserah kamu sih ujung2nya, (((TERSERAH))) hahaha yha kalo emang pertimbangannya udh mateng dan menurutmu kembali ke cinta pertama itu lebih baik, yha gapapa. kalo aku liat sih dr segi biaya yg kamu maksud emang iya bener mendingan blogger. mungkin nanti kalo udah berpenghasilan sendiri bisa pindah lagi ke wp 😀 yg jelas gak usah pake dua blog, ribet! :p

    Suka

    1. Hihi kakak maklum kali ya gabisa menyarankan, soalnya kk kan pake wordpress. WordPress nya pun dari hostingan ya kak, kalau ga salah. Aku juga kemarin mau pasang wordpress via hosting, tapi blog yg ini mau dikemanain gitu. Mau ga mau, kalau ingin tetap pake blog yg ini, harus beli paket juga lah dari WordPress nyaah.

      Mahal abis.

      Suka

  3. wpress dan blogspot ada keunggulan dan kelebihan masing2. nah liat aja mana dari keduanya yg menjawab kebutuhan… ya tapi kalo udah milih berarti juga nerima kekurangannya dong..jangan karena dia punya kekurangan ini itu terus kamunya pindah2 mulu..analoginya kayak milih cewek…gitu sih.

    Suka

    1. Bukan ga nyaman sih kak, cuma kan aku memperhatikan prospek ke depan juga *paansii Soalnya aku mau blogku ini tahan sampai aku dewasa nanti. Dan sampai dewasa pula, aku mau terlihat sebagai penulis profesional.

      Suka

  4. WordPress sama blogger emang pilihan yang dilema kalau kita udah nyaman di salah satu platformnya. soalnya dari kedua platform tersebut maing-masing pasti memberi kesan dan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

    baguslah kalau kamu 3 tahun terakhir ini sudah setia dengan platform wordpress. tapi untuk saat ini jikalau memang pengen hijrah ke blogger dan pengen lebih profesional punya domain sendiri ya kamu harus rela tinggalin beberapa hal yang di wordpress bro. lagian kelebihan di blogger juga banyak banget loh. memang sih edit templatenya agak ribet dan susah, tapi kalau sabar dan mau belajar pasti kelihatan gampang.

    ya kalau saranku sih mending pake blogger aja kalau memang pengen pake domain sendiri yang berbayar.

    Suka

    1. Memang kan bro, kalau udah nyaman susah kali untuk berpaling. Memang aku sempat merasakan kelebihan Blogger ketika aku masih pakai blogger. Tapi karena sistem Javascript dan HTMLnya yang buat aku gak ngerti, malah itu terlihat sebagai kekurangan terbesar menurutku.

      Aku bakalan stay di WordPress aja deh.

      Suka

  5. Sudah jelas, keluhanmu itu mengarah untuk pindah. Menurutku sih tergantung kenyamanan aja. Semua platform punya kelebihan dan kekurangannya masih-masih.

    Kalau udah gini yah jelas banget pilihannya. Yang pasti, pakai yang paling nyaman dulu buat kamu, baru ke pembaca~

    Suka

  6. kemaren ada temen blogger gue yang malah pengin pindah dari blogger ke wordpress. Ya sama poin2nya yang lo bilang soal wordpress, kalo blogger ribet di html javascript css dll itu dan kadang bikin berat blog. kalo wordpress lebih simpel.

    enaknya blogger mungkin udah lo sebut juga dan kalo di pencarian gugel, biasanya yang dari blogger muncul duluan sih..

    dan sekarang tergantung ke si pemilik blognya, mau stay or move on? :))

    Suka

  7. Hmmm…
    Saya juga lebih cendrung suka wordpress ketimbang blogger dengan alasan kesimpelannya dan tampilan dashboardnya yang keliatan pro wkwk.

    Tapi kalau misalkan masnya pengen migrasi saya rasa lakuin aja sih. Dengan beberapa pertimbangan yang sudah masnya tulis diatas saya pikir pindah ke blogger lebih worth it daripada stay di wordpress. Saya malah mikir kalau misalkan masnya tetep di wordpress itu cuma karena masih belum rela aja wkwkw. Dari sudut pandang saya yang kurang riset dan hanya liat beberapa poin yang mas paparkan saya udah bisa nilai kalau blogger lebih masuk akal untuk dompet kan, sepakat. Dan urusan script dan segalam macem bukanya udah ada ya tool-tool default yang gak perlu ngurusin skrip? kalau misalkan ada juga masnya gak perlu belajar semua, cukup cari tau yang jadi masalah aja. istilahya sistem eror.

    gak tau sih ya tapi, berhubung saya juga bukan ahli haha jadi jangan lansung menyimpulkan juga. 🙂

    Suka

  8. Udah hampir 5 tahun aku ngeblog pake blogger, ada sih kadang malah banyak fitur yang kayaknya kurang sreg, ada pikiran juga mau pindah, tapi kalo nggak salah wordpress juga ada minusnya juga, kalo komment juga kadang suka susah gitu, ya kurang tahu juga sih, aku juga nggk jago-jago banget maalh beginian hehe

    Suka

  9. Gue udah pernah make Blogger dan WordPress. Sekarang lebih suka make WordPress karena simpel. Selain itu karena gue gak ngerti juga tentang HTML di blogger, memang sih kalo ngerti bakalan bisa lebih bagus dari WordPress.

    Gue juga mau pake domain com di wordpress, tapi belum ada niatan untuk lebih profesional. Jadi, ya nikmatin dulu yang pake emblem WordPress.com

    Suka

Tulis Komentar Anda. Pakai Facebook atau Twitter disarankan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s