Dunia maya khususnya Twitter lagi dihebohkan dengan fenomena “Om Telolet Om” yang kini menjadi Trending Topic WorldWide, alias topik yang paling ramai dibicarakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Bahkan terhitung Rabu, 21 Desember jam 3:04 PM, jumlah tweet yang membahas “Om Telolet Om” yang dikirimkan pengguna Twitter sudah mencapai 678.000 ribu tweet dalam dua hari belakangan ini.

Dan luar biasanya lagi, ada beberapa artis-artis khususnya DJ/ Musisi dunia yang ikutan ngetweet “om telolet om” di akun sosial mereka, walau ada beberapa dari mereka yang masih confused menanyakan apa sebenarnya maksud dari kata”Om Telolet Om” itu.

Dan ketika kalian pengen tahu apa sih sebenarnya “Om Telolet Om” itu, dan mengapa topik itu sangat ngetren di dunia maya saat ini, gue katakan pada kalian bahwa kalian berada di postingan yang tepat. Langsung saja ya gaes kita bahas detailnya.

#OMTELOLETOM

Gue sebagai orang yang sering bepergian ke luar kota bareng keluarga, sering banget dengar suara klakson bus yang bunyi klaksonnya nyaring sekali dan nyaris memekakkan telinga. Bunyinya kadang seperti “TEEEEEEETTTTTT”, atau “TUUUUUUUTTTTTT” (bukan suara kentut njir), dan ada yang berbunyi “TELOLET TELOLET” walau jarang sekali gue dengar seperti itu. Dengernya sih biasa aja, malah terasa risih kalau gue lagi pake earphone sambil dengerin lagu Awkarin – Bad, tiba-tiba supirnya nekan klaksonnya kenceng banget. Pengen gue tabok aja supirnya pake batang pohon cabe. Biar tau rasa.

Mungkin kalo supirnya cewek, gue tahu itu tidak mungkin ada.

Kembali ke laptop gaes. Jadi singkatnya, ‘om telolet om’ itu terdiri dari dua frasa kata. Yaitu ‘om’ yang merujuk pada sang supir pembawa bus, dan “telolet” sendiri adalah bunyi klakson yang sering dibunyikan oleh supir untuk menuruti keinginan anak-anak yang memintanya menekan klakson.

tahu

sources : Instagram @tahilalats

Jadi ceritanya gaes, ada beberapa anak di daerah Jawa sana, suka banget berdiri di pinggir-pinggir jalan, sambil membawa secarik kertas yang bertuliskan ‘OM TELOLET OM’ sambil menunggu kedatangan bis yang melintas. Ketika ada bus besar yang melintas, mereka sontak berteriak “OM TELOLET OM”, yang artinya menyuruh sang supir untuk membunyikan klaksonnya.

“TELOLETTTTTT”

Ketika klakson bis itu akhirnya dibunyikan, anak-anak itu pun mendadak sangat senang dan menjadi hiburan tersendiri bagi mereka. Ternyata bahagia itu sederhana banget bagi mereka, karena mendengar suara klakson bus yang unik itu cukup membuat mereka tertawa kegirangan bersama teman-temannya. Dan kita sebagai orang dewasa mungkin  menganggap kesenangan mereka hanya sekedar ‘hobi anak-anak yang aneh” dan tidak lazim untuk orang dewasa.

Tapi semenjak fenomena OM TELOLET OM mulai menguasai Trending Topic Dunia, mungkin nanti ada beberapa orang-orang dewasa yang bermodalkan gadget canggih mulai bertebaran di pinggir jalan dan langsung merekam apabila ada bus melintas yang dan membunyikan klakson mereka.

Begitu udah dapat rekamannya, langsung di upload ke Insta, pakai hastag #AkuCintaTelolet #BusTelolet #OmTeloletOm #OmTelatOm #pictoftheday #MartinGarrix #Zedd #Marshmello #DillonFrancis #AwkarinCiptakanLaguTelolet

Anjir.

Sebenarnya fenomena Om Telolet Om ini udah lama muncul di pertengahan tahun yang lalu, cuman terkenalnya agak terlambat di Twitter. Maklum, orang-orang kan cuma nganggapnya sebagai hal yang biasa. Lagipula, siapa yang peduli dengan aksi riuh anak-anak yang meminta pengemudi bus untuk membunyikan klakson busnya dan menghasilkan bunyi Telolet yang mereka idamkan?

Jadi, kalau fenomena ini cuma hal biasa, kenapa bisa begitu terkenal?

Pertanyaan yang bagus, anak muda. Sebenarnya yang membuat fenomena ini begitu terkenal, tidak lepas dari anak-anak muda yang mengunggah video rekaman mereka ke situs berbagi video Youtube. Artinya, setiap orang  yang berselancar di internet bisa melihat video hasil unggahan mereka. Untungnya, video itu sampai ke layar monitor pada DJ atau musisi internasional yang merasa ada sesuatu yang unik dalam video itu. Kalau didengar lebih seksama, memang suara klakson yang dibunyikan di dalam video itu, memang sangat mirip dengan instrumen yang biasa mereka gunakan saat merancang atau mix sebuah lagu.

Kalau tidak salah, yang pertama kali ngetweet tentang “OM TELOLET OM” ini adalah DJ Snake. Lalu fans doi yang berjumlah jutaan itu mulai bertanya-tanya dan ada yang meretweet kicauannya itu. Akhirnya DJ yang lain pun ikutan juga ngetweet sama seperti yang dilakukan DJ Snake, seperti The Chainsmokers, Hardwell, Marshmello, Martin Garrix, Dillon Francis, dan banyak lagi.

Serius. Setelah gue pun mendengar suara klaksonnya dengan teliti, dan berusaha mengaitkannya dengan beberapa irama lagu EDM yang sering gue dengar, memang ada kemiripan instrumen yang digunakan. Hanya saja lagunya gue gak tahu judulnya, tapi memang asli mirip lho.

Dan itu  membuat para DJ ‘yang merasa instrumennya sama dengan klakson bus itu’ mulai heboh dan langsung mempopulerkan frasa “OM TELOLET OM” lewat akun Twitter mereka. Bahkan mereka berencana untuk saling bersaing untuk menciptakan lagu yang mengambil thema “OM TELOLET OM”. Dan Firebeatz yang berhasil menciptakan lagu pertamanya, dengan menghasilkan lagu hasil mix klakson bus itu dengan beberapa instrumen elektronik khasnya. Videonya bisa kalian saksikan di Youtube.

Pantas saja, yang memahami fenomena ini adalah mereka para DJ yang gue maksudkan tadi. Karena ada beberapa artis seperti personil GOT7, Justin Bieber, Peeling Justin, dan mereka yang tidak memahami konsep musik DJ hanya mampu ngetwit “OM TELOLET OM” dan mungkin tidak tahu pasti apa maksudnya, dan dimana letak keunikannya.

Contohnya nih, salah satu DJ favorit gue. Sebelas-duabelas lah mukanya sama gue. Liat betapa konyolnya abang gue ini ngetweet, wkwk.

Dan beberapa jam setelah itu, Zedd akhirnya berhasil menciptakan karya “OM TELOLET OM” versinya sendiri. Benar-benar niat banget, wkwk.

 

Trus, ada DJ yang baru-baru ini lagi ngetren karena lagunya yang berjudul “Alone”. Dia udah niat banget yakan, langsung nyewa bus demi berfoto dengan caption “OM TELOLET OM”. Yang gak kalian tahu, sebenarnya wajah yang bersembunyi dibalik topeng itu, adalah orang yang sama dengan yang lagi ngetik tulisan ini.

Terus, ada artis Indonesia yang ikutan ngetweet tentang “OM TELOLET OM” yang kadar gantengnya luar biasa sekali. Kadang ada gosip yang mengatakan kalau dia hampir diusir dari negaranya, karena terlalu ganteng. Ga ada yang ngereply ataupun ngeretweet kicauan dia, karena takut crash lagi akunnya saking banyaknya yang reply dan retweet. Jadi fitur itu dimatikannya.

(masassihhh bapaakkk)

Yang dibawah ini ada holang koriya (personil GOT7) yang masih bertanya-tanya apa itu OM TELOLET OM. Saya sarankan kamu, biar secepatnya denger lagu Awkarin baca postingan ini baik-baik, nanti kamu akan mengerti.

Dan yang terakhir adalah, klub sepakbola favorit gue akhirnya niat banget membuat videonya langsung tentang “OM TELOLET OM” ini, dan liat mereka itu keren abiss. Hehe, maklum. Klub seketjeehhh Tottenham Hotspur pasti memberikan yang terbaik untuk fans mereka :))))

Itu adalah beberapa kicauan yang diposting oleh artis-artis ternama Dunia, dan tak lupa juga ada artis Indonesia yang turut juga meramaikan trending topic itu. Jujur aja, artis lokal itu gak kalah ganteng kan sama Zedd, ataupun Martin Garrix? Ya kan? Iyakan aja susah kali kau nak muda. Maklum, logat batak agak keliatan dikit lah di postingan ini.


Sebagai edisi penutup kali ini, ada sesuatu yang ingin gue utarakan pada kalian semua. Berhubung tadi gue ada nyinggung soal artis DJ yang berlomba untuk menciptakan lagu bertemakan “OM TELOLET OM”, ini ada kabar baik untuk mereka fans Djakarta Warehouse Project. Konser EDM terbesar di Indonesia ini, Desember kemarin mengundang musisi Internasional seperti Hardwell, Martin Garrix, Alan Walker, ZEDD, dan DJ lainnya. Gue sebagai fans berat Hardwell, agak tercakitie karena gak bisa datang ke konsernya doi. Tapi gue cuma bisa nabung untuk konser Djakarta Warehouse Project 2017.

Dan kabar baiknya adalah,mungkin ada panggung khusus nantinya untuk diputarnya lagu “OM TELOLET OM” di edisi DWP tahun depan. Nantikan saja lah, walaupun tidak sabarr sekaliii.


Inti dari “OM TELOLET OM” ini adalah sebuah kesederhanaan dalam mencari kebahagiaan. Ternyata bahagia itu sederhana sekali. Saking sederhananya, Bahagia itu bahkan tidak memiliki definisi pasti. Tapi anak-anak di pinggir jalan itu berhasil mengajarkan musisi-musisi kelas dunia, beserta ratusan ribu rakyat Dunia, bahwa Bahagia ternyata bisa didapatkan dari sekedar mendengarka klakson bus yang unik.

Bahagia itu bukan

berhasil nembak gebetan, padahal dua minggu lagi kandas.

berhasil namatin game, padahal waktu yang dibutuhkan untuk itu sia-sia terbuang.

berhasil menjadi karyawan terbaik, padahal masih sebagai bawahan bos.

Tapi, bahagia itu ternyata sangat sederhana sekali. Dan itu tergantung dari cara orang untuk memperoleh kebahagiaannya sendiri.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Dan tetaplah mendukung artis lokal itu agar tetap terus berkarya, semakin tampan setiap harinya, dan kiranya menjadi mimpi indah bagi setiap pria wanita yang mendambakannya.

Bagaimana menurut kalian gaes mengenai fenomena ini? Tulis tanggapan kamu didalam kolom komentar dibawah ini.

Alden Peter

Iklan

15 pemikiran pada “OM TELOLET OM

  1. Om tolelet om, selain itu banyak juga para youtuber yg bikin video om tolelet om…

    Batu taunsmpe banyak gitu kicauan di twitter ya mas..

    Suka

  2. aku juga baru tau bulan lalu, pas lagi jalan di jogja solo. ada anak-anak yang berdiri di pinggir jalan dengan memberikan tanda. Ternyata mereka adalah anak-anak pemburu telolet. Hahaha. Baru tau aku. dan kemudian beberapa hari ini bisa heboh dengan tranding di twitter.
    Om telolet Om

    Suka

  3. om telolet gua lihat video ini di youtube. beh………..sampe pesawatpun dimintain telolet…..hahaha

    kita lihat saja, klo trend ini bertahan sampai tahun baru, niscaya tugu tugu terkenal di kota kota besar bakalan berisik suara klakson

    Suka

  4. Bahagia itu sederhana, kitanya yang gak pernah bersyukur.

    Kalo permasalahan klakson bis itu gede menurut gue itu sah-sah aja. Karena mereka angkutan yang ukurannya besar, jadi kalo klaksonnya besar, orang udah tau kalo itu adalah kendaraan ukuran besar. Jadi orang di jalan lebih hati-hati.

    Dari fenomena ini gue belajar kalau Indonesia itu pasar yang sangat potensial untuk media sosial atau produk teknologi. Coba gitu semua orang Indonesia memasarkan UKM di daerahnya dengan nyepam ke Instagram artis mancanegara.

    Ekonomi rakyat jadi baik.

    Suka

  5. Ulasan yg bagus, kak..

    Aku sih baru dengar fenomena “Om Telolet Om” waktu nggak sengaja nonton OVJ..
    sempat bingung, apaan tuh Om Telolet Om? Tapi, nggak segitu pengen tahunya sih..

    Ittssss… teman-teman aku pake ikutan bilang “Om Telolet Om”.. dikit2 ngomong kayak gitu.. Jadi penasaran… akhirnya nyasar ke blog kakak… hahahaa… 😀

    BTW, kebahagiaan memang bisa didapat darimana saja, sekalipun hal kecil yg bahkan ng pernah diperhitungkan.. 🙂

    Suka

  6. Wkwk keren nih si piet udah nulis ini aja semoga paje one yeee hehe. gue sih niatnya mau nulis ini juga tapi masih berkutat sama yg lain.
    Yoii men “Om telolet om” ini kayaknya hiburan banget. gue jadi ketawa sendiri kalau bayangin video2 yang udah gue liat ttg telolet ini haha. Gak bikin video nya piet?

    Suka

  7. poin telolet itu lebih ke bahagia itu bisa sesederhana ituloh, keren ya haha. Gue pikir awalnya dihack gitu DJ Snake, taunya para DJ mulai ngetwit yang sama. Kayaknya ini juga gara2 IG/Sosmed mereka dikomenin ‘om telolet om’ mulu, jadinya mereka penasaran juga :))

    Suka

  8. fenomena telolte ini benar2 menunjukkan kalau bahagia itu emang bener2 sederhana. Nggak cuma anak2, orang dewasa pun juga ambil andil dalam membuat fenomena ini goes viral yak. Gue sendiri sih pingin nyoba teriak om telolet om juga gitu, hahaha…

    Suka

  9. Wow.. is awasome this om telolet om ini ahahah…

    Gue bner-bner gak nyangka yah bisa terkenal gini, btw sebenernya telolet itu udah gue tau sejak gue kelas 1 sma jadi gak aneh lagi, dan kaget aja gitu di tahun ini bisa se-terkenal gini.

    Suka

Tulis Komentar Anda. Pakai Facebook atau Twitter disarankan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s