Pagi ini gue merenung keras, sambil memperhatikan tampilan blog gue yang gue rasa udah paling kece dengan segala widgetnya, tetapi statisik blog gue kok gak meningkat dan malah menurun terus. Padahal gue udah usahain buat postingan yang eksklusif seperti review blog, membahas topik kekinian yang gue yakini bakal mendongkrak traffik blog gue. Tapi kenapa masih belum ada perubahan juga ya dengan statistik blog gue?

Cukup lama juga gue merenung, berusaha untuk mencari wahyu. Sambil mencari-cari apa masalahnya, gue coba untuk main facebook sebentar, dan sesaat gue nemu postingan ini.

heru-arya

(facebook.com/heru.arya.blogger)

Jujur, gue cukup takjub dengan skor yang diraih oleh temen gue satu grup ini. Dengan skor PageSpeed sempurna, dan ukuran halaman yang ‘hanya’ 322 kb itu, sungguh sampel yang tepat untuk blogger lainnya yang ingin mengetes kecepatan blog mereka. Dan entah mengapa, gue mendadak taubat dan langsung membuka website pengetes kecepatan website yang bernama GTMetrix dan Pingdom tersebut. Ketika pertama kali gue test, hasilnya begini.

gtmetrix

Skor D bagi gue itu cukup buruk, dan gue rasa perlu berbenah diri. Akhirnya gue memutuskan untuk menghapus beberapa widget yang tidak penting seperti Akismet, Internet Defense League, dan widget lainnya. Bahkan gue mengurangi widget foto Instagram, yang tadinya menampilkan 10 foto, kini gue set menjadi 4 foto saja. Karena kita tahu sendiri, setiap images dari instagram memiliki ukuran yang besar, apalagi dalam waktu yang bersamaan harus menampilkan 10 foto sekaligus. Tidak terbayang kuota yang habis setiap kali membuka halaman blog gue, ataupun merefreshnya.

Bahkan gue terpaksa menghapus widget twitter yang sudah lama sekali tertempel di sisi kiri blog gue, karena GTMetrix sangat menyarankan gue untuk menghapusnya. Lagipula gue merasa widget itu tidak terlalu penting. Karena kalaupun ada pengunjung yang ingin melihat daftar tweet gue, silahkan saja dia membuka profile twitter gue langsung di new window di browser mereka.

Akhirnya setelah proses pen’diet’an yang cukup menyedihkan, gue coba untuk mengetes kecepatan blog gue lagi. Dan inilah hasilnya, walaupun tidak terlalu signifikan.

gtmetrix2

Wahh! PageSpeed Score yang tadinya D (68%) kini meningkat sebanyak 4% menjadi C (72%). Mungkin itu efek dari proses diet berupa penghapusan widget tidak berguna tadi. Dan YSlow Score meningkat juga dari kadar 60% menjadi 64%. Walaupun tidak terlalu memuaskan, tapi gue senang usaha gue ada hasilnya.

pingdom2

Selain itu juga gue memeriksa kecepatan load blog gue dengan fasilitas Pingdom. Dan hasilnya pun tidak berbeda jauh dengan hasil dari GTMetrix yang tadi. Skor yang gue raih masih berada di grade C, dengan rataan skor 77. Ukuran page gue masih stabil di 2.1 MB, padahal di GTMetrix berkata lain. Kalau di GT Metrix, berkali-kali gue lakukan test, dan ukuran blog gue selalu berada dikisaran 1.7-1.9 MB. Tapi itu tidak jadi masalah, karena mungkin engine yang mereka gunakan berbeda.

pingdom3

Yang ini gue test dari server Melbourne, Australia. Jelas sudah, bahwa 77 memang skor pasti untuk blog gue, dan ukuran pastinya juga 2.1 MB. Tapi gue masih bertanya-tanya, setelah gue hapus semua widget yang tidak berguna itu, skor gue masih saja 77.

Akhirnya gue kembali merenung lagi.

Gue mencoba, apa yang menyebabkan lemak menumpuk di tubuh blog gue. Saat ini blog gue udah kurusan, apa perlu diet lagi? Akhirnya pertanyaan-pertanyaan itu terjawab sudah, setelah gue mencari solusinya di Google Developers.

google

Ternyata images yang sering gue gunakan sebagai sampul blog gue itu memiliki ukuran yang terlalu besar, dan Google menyarankan gue untuk mengompressย  gambarnya hingga bisa mengurangi ukurannya sebanyak 487kb atau setara dengan 73%.

Dalam hati gue cuma bisa angguk-angguk sendiri. Memang, dalam penempatan gambar ataupun pemasangan sampul untuk setiap postingan, gue selalu menyediakan ilustrasi berkualitas tinggi yang gue yakini dapat memberikan kenyamanan bagi pembaca. Tetapi karena kini sudah gue lakukan test, justru gambar berkualitas tinggi itu pula yang selama ini memperlambat kecepatan loading blog gue, dan mengurangi kenyamanan itu sendiri. Tak terkecuali untuk pengguna yang memiliki akses internet unlimited atau pengguna WiFi, tetap saja loading yang lama menjadi ketidaknyamanan tersendiri.

Setelah gue berhasil mengoreksi kesalahan, untuk kedepannya gue akan membuat kualitas gambar yang sederhana dan kalau perlu akan gue kompress lagi hingga ukurannya standar. Cara itu cukup efektif, untuk mempercepat proses loading di blog kita.

google2

Dan yang ini jujur gue masih kurang paham, karena gue pengguna wordpress dan bukan blogger. Mungkin kalau ada teman-teman yang bisa jelasin solusi diatas, tolong tulis dong di kolom komentar ya.

Dari semua penjelasan gue tadi, dapat gue simpulkan saran-saran yang bisa kamu terapkan dalam pengoptimasian kecepatan blog kamu

-Gunakan gambar ilustrasi yang sederhana dan berukuran rendah.

-Hindari menggunakan widget yang terlalu mengandalkan javascript.

-Kurangi pemakaian widget yang tidak perlu.

-Jika menggunakan widget instagram, kurangi foto yang ditampilkan menjadi 2-4 foto saja.

-Dalam satu homepage, batasi jumlah post yang ditampilkan. Hindari menggunakan fitur unlimited scroll, yang menampilkan setiap postingan tak terbatas ketika kita scroll kebawah. Cukup tampilkan 3-4 postingan saja.

-Hindari penggunaan pengalihan halaman (landing page directs)

-Sering-seringlah mengukur kecepatan blog anda dengan menggunakan GTMetrix atau Pingdom untuk mengevaluasi keefektifan blog anda.

Kalau kamu bisa tambahkan beberapa tips lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar agar kita dapat saling berbagi tips untuk kebaikan bersama.

page

Alhasil kalau kamu udah berhasil nerapin beberapa cara tadi, pasti kamu akan puas melihat hasilnya. Selamat mencoba.

Alden Peter

16 pemikiran pada “Diet Blog

  1. minify css dan minify js itu maksudnya pakai versi css dan js yang ukurannya mini/kecil denga fungsi yang sama (memang sama), biasanya ada tambahan ekstensi min, misal bootstrap.min.css, bootstrap.min.js
    Tehnik ngompres/mengecilkan ukurannya, salah duanya dengan menghilangkan baris dan spasi di kode css, js atau html. CMIIW

    Suka

  2. ane coba tes di gtmetrix sukur dapet b ๐Ÿ˜€
    eh tapi ngecek dipingdom gimana ๐Ÿ˜€

    sedikit penasaran sama kata heru arya, kalo udah master sukanya merah merah…
    emang merah ngaruh sama blog ? hihihi saya suka merah makanya make warna merah diblog ๐Ÿ˜€

    oh ya, saya juga pernah ngelakuin diet kayak gini :v soalnya kata temen blog ane berat banget
    kena ceramah bentar, terus dikasih tau caranya
    dan sekarang sukur lah blog agak ramping ๐Ÿ˜€

    cara yang saya lakukan gak beda jauhlah sama agan ๐Ÿ˜€

    Suka

  3. Wah menarik nih bahasannya, aku coba cek juga kecepatanku td B mas..
    Punya mas Heru keren juga ya smpe A nilainya..

    Semoga seiring postingan dblog ini bisa terus mningkat kecepatannya ya mas.

    Trus berbagi dan menginspirasi lewat blog ini mas..

    Suka

  4. wadawww.. makasih banget bang artikelnya bisa jadi masukan buat gue blogger pemula ini.. dalam mendandani blog, gak asal keren tapi jgua speed nya harus ikut diperhatikan…
    Thanks banget sharingnya… hehe

    jangan lupa mampir ya bang,

    Suka

  5. Wah aku udah salah tebak dari judulnya, aku kira diet buat badanmu mas, ternyata buat blogmu toh.

    Kok kita sama ya setelah lihat status mas Heru aku juga langsung ngetes di GTmetrix. Skornya mau tau berapa? Dapet C mas wkwkwk.

    Sampe saat ini belum tak ubah, nanti kalau ada waktu mungkin juga lakuin diet kayak blogmu mas.

    Thanks infonya menambah ilmu di dunia perbloggingan.

    Oh ya belum coba yang pake pingdom.

    Suka

    1. Yap, nilai C bagaikan kabar buruk bagi blogger pemula, tapi seperti teka-teki menyenangkan bagi mereka yang sudah ahli. Sebenarnya ada juga sih Google Speed Test yang bisa ngasih saran sekaligus untuk perbaikan yang salah.

      Suka

  6. Waktu itu pas blog aku lemotnyanya minta ampun aku juga pernah tanya tanya ke Pange.

    Terus aku coba cek speed blog aku ternyata masih sangat buruk ..

    Aku juga sudah menghapus beberapa widget yg tidak terlalu penting di blog aku, terutama gambar yg size-nya besar ..

    Sekarang hasilnya bisa kamu lihat di blog aku ,, masih lemot tapi wqwq

    Suka

    1. Ahahaha memang gambar yang size nya besar wajib dikompress biar gak nyedot size. Dan widget-widget itu juga yang kadang membuat blog kita lemot, padahal gak terlalu penting sih. Toh cuma hiasan doang.

      Suka

  7. Gue baru ngecek, dan dapat score D.

    Gue gak berorientasi untuk ini, gue lebih fokus ke dalam konten. Jadi, gue berusaha untuk membuat konten lebih enak dibaca. Mungkin lain kaii gue perhatikan ini, selama masih gampang loading di smartphone, biarkan aja.

    Suka

    1. Yap emang bener, kita harus lebih berfokus kepada konten blog yang enak dibaca. Tapi kan performance blog kita turut kita optimalkan juga biar pembaca betah lama-lama ngadem di blog kita tanpa khawatir kuota mereka jleb habis tanpa kontrol.

      Suka

Tulis Komentar Anda. Pakai Facebook atau Twitter disarankan.

